oleh

PTPN VIII Tidak Miliki Hak Pasang Plang pada Lahan yang Telah habis HGU

Jakarta, TribunAsia.com –  Dipasangnya plang  pengumuman oleh PTPN VIII dalam area lahan HGU yang telah habis batal. Isi plang pengumuman menegaskan penguasaan PTPN VIII atas area perkebunan Goalpara dn melarang warga untuk menggunakan, menanam pada wilayah yang diklaim lahan PTPN VIII. Goalpara, Rabu (30/10)

“Pada hal status HGU telah habis. Dan berdasar kesepakatan dengan warga status lahan itu telah habis masa HGU.Tidak ada hak PTPN VIII pasang plang  diatas lahan yang telah habis masa HGU. Bukankah jika telah habis masa HGU dikembalikan pada rakyat petani lokal,” kata Herlan dengan nada bertanya.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Sebelumnya,  Usai menjalani pemeriksaan Polsek Goalpara, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Koordinator Petani Goalpara, Herlan melalui sambungan telpon menyatakan dirinya sehat.

Koordinator Petani Goalpara, Herlan.

“Alhamdulillah. Sehat segar bugar,” kata Herlan Kamis (1/11).

Pemeriksaan yang berlangsung selama 2 jam berlangsung kekeluargaan. Pihak Polsek bertanya tentang seputar pendudukan lahan PTPN VIII. Herlan menjelaskan, hal itu inisiatif warga Petani Goalpara.

“Petani Goalpara bertahun tahun melihat tanah terlantar, tidak diurus penuh semak dan babi hutan. Sementara mereka perlu lahan untuk bertani menyambung hidup dan lahan itu telah habis masa HGU. Padahal oleh oknum PTPN VIII lahan itu disewakan pada petani luar. ,” kata Herlan penuh semangat. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *