oleh

Gandeng Jaksa, TMMD Suluh Cegah KDRT

Depok, TribunAsia.com – Kali ini, giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Kota Depok program nonfisik, beri penyuluhan cegah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kepada warga di Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (31/10/2018).

Narasumber yang dihadirkan adalah anggota Tim Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok Siswatiningsih.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Siswaningsih menjelaskan sejumlah dampak buruk pada dewasa akibat KDRT diantaranya perasaan rendah diri, malu dan pasif, gangguan kesehatan mental, mengalami sakit serius, cacat tubuh, serta gangguan kesehatan seksual.

“Dampak pada anak adalah bisa  timbul perilaku agresif, pedendam, ketakutan, gangguan kesehatan, serta cacat mental,” ujarnya.

Dampak yang sangat buruk ini, sehingga diperlukan kesadaran yang sangat tinggi dari pasangan-suami istri dalam keluarga. Mesti dipahami bahwa seberat apa pun masalah jangan pernah gunakan kekerasan.

“Kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah dan justru memperberat masalah. Kemampuan mengontrol diri sangat diperlukan,” sebut jaksa penyuluh ini.

Sementara itu, pengawas giat nonfisik TMMD ke-103 Kodim 0508, Kodam Jaya ini, Kapten Arm Erwin Syahputra sebut, tujuan penyuluhan ini supaya warga lebih memahami seputar KDRT serta dampak dan bagaimana cara mengatasinya.

“Bukan tidak mungkin KDRT terjadi pada keluarga-keluarga di Kota Depok. Sebab dalam banyak kasus ada istri atau anak menjadi korban, mereka menutupinya. Karena takut akan ditinggalkan suami atau ayanhya tersebut, atau tak diberi nafkah materi lagi,” kata Erwin.

Erwin harap, warga sungguh membina keluarga harmonis, sehingga tercipta keluarga yang sakinah, rahmah, dan mawadah. (###)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *