oleh

Blackbox Pesawat Lion Air JT-610 yang Tergelincir di Karawang Belum Diketemukan

Jakarta, TribunAsia.com – Blackbox (kotak hitam) milik pesawat Lion Air JT-610 yang tergelincir diteluk Karawang Jawa Barat dengan jumlah penumpang mencapai 178 dengan total 189 orang termasuk kru pesawat hingga saat ini belum diketemukan. Namun, pihak Basarnas mengatakan, keberadaan kotak hitam telah termonitor letaknya dan menemukan pecahan-pecahan material pesawat.

“Sampai saat ini belum ditemukan blackboxnya tapi sudah termonitor lokasinya. Secara umum total personil penumpang ada 178 ditambah kru sekitar 189 orang. Belum siginifikan kami dapatkan. Baru pecahan-pecahan,” kata Deputi Operasional Basarnas, Nugroho Budi, Senin (29/10/2018).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Kemudian, dia menjelaskan tim Basarnas telah menemukan tanda pengenal dan identitas diduga milik penumpang pesawat. Hal itu dilakukan bekerjasama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk melakukan proses pencarian korban.

“Karena sudah ditemukan beberapa ktp kemudian paspor sim KTA kartu BPJS maupun buku tabungan. Kami hari ini sudah dibantu oleh TNI dan Polri mengerahkan personil sekitar 50 orang,” imbuhnya kepada wartawan.

Basarnas masih melakukan upaya pencarian korban jatuhnya pesawat pesawat Lion Air yang sebelumnya terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pangkal Pinang.

Menurut, Deputi Operasional Nugroho Budi di kantor Basarnas Jalan Angkasa, Jakarta Pusat mengutarakan telah mengerahkan personil untuk melakukan penyelaman dan pencarian di sekitar teluk wilayah Karawang Jawa Barat.

“Tadi sudah dijelaskan kepala basarnas kita all out mengerahkan semua. Sampai siang ini kami sedang melaksanakan penyelaman untuk mencari korban-korban yang ada,” kata Nugroho Budi.

Lanjutnya, Basarnas tetap akan memberikan informasi update terkait kecelakaan pesawat Lion Air kepada media. Maka, Deputi Operasional berharap kepada rekan-rekan untuk menanti perkembangan informasi pada pukul 17.00 WIB di kantor Basarnas.

“Sampai sekarang belum didapatkan di dalam tapi hanya di permukaan seperti ktp dsb. Kegiatan akan kami lanjutkan sampai sesuai SOP. Update mungkin jam 5 kami berikan tentang evakuasi yang kami laksanakan,” pungkas Deputi Operasional.

Diketahui, Basarnas tengah membuka posko pelayanan terkait kecelakaan pesawat di JICT II yang terletak di Tanjung Priok Jakarta Utara.

Untuk itu dia menambahkan, posisi Kepala Basarnas sedang menuju titik posko Tanjung Priok.

“Kami juga bentuk posko di JICT II Tanjung Priok. Saat ini kepala basarnas menuju ke lokasi kejadian dan menuju posko kami,” terangnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *