oleh

IAPEB Bulukumba : Santri Miliki Kontribusi dalam Pembentukan NKRI

Bulukumba, TribunAsia.com – Hari Santri baru saja digelar, tepatnya pada 21-22 Oktober. Setiap Santri yang pernah nyantri di pesantren punya pandangan tersendiri terhadap Hari Santri, salah satunya datang dari keluarga besar Ikatan Alumni Pesantren Babul Khair (IAPEB), Sebuah komunitas alumni pesantren terbesar di Bukukumba, Sulawesi Selatan.

Tri, salah satu anggota IAPEB berharap Hari Santri menjadi momen untuk mengingatkan kembali jasa Kaum Santri dalam proses pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dirinya menilai jasa kaum santri di masa perjuangan kemerdekaan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Indonesia mampu merdeka salah satunya karena perjuangan kaum santri terhadap penjajah Belanda di masa itu, ini fakta sejarah, harus kita pahami bersama” tegasnya, Selasa (23/10).

Bagi kaum santri, Islam dan Indonesia adalah kesatuan, tidak bisa dipisahkan. Tidak tepat bila berpandangan memperhadapkan antara agama dan negara.

“Untuk Kaum Santri diskusi hubungan agama dan negara telah lama selesai, membela tanah air merupakan bagian dari ajaran agama, dan itu sudah dipraktikkan sejak sebelum kemerdekaan” terangnya.

Lain lagi dengan Awal, anggota IAPEB lainnya, pihaknya lebih menitikberatkan peran kaum santri di masa depan. Baginya Santri harus mampu menunjukkan kualitas dirinya dalam rangka mewarnai pembangunan manusia Indonesia.

“Santri punya kelebihan, khususnya moral, modal kekuatan moral sangat berguna untuk mengarahkan kehidupan kebangsaan kita ke jalan maslahat” imbuhnya.

Para santri juga diharapkan mampu tampil di berbagai bidang kehidupan, bukan hanya terbatas di surau dan mesjid.

“Santri harus berperan aktif dalam semua sisi kehidupan di Indonesia, termasuk dalam urusan politik, faktanya sekarang tidak sedikit orang dari kalangan santri mampu menempati posisi strategis dalam bidang hukum, ekonomi, politik dan lain lain” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *