oleh

Tokoh Dibohongi

TribunAsia.com

Seorang tokoh nasional berhasil dibohongi, untuk negeri macam Indonesia ternyata sudah sering terjadi. Prabowo Subianto bukan korban pertama dan terakhirnya. Berikut deretan tokoh nasional yang pernah jadi korban kebohongan :

Iklan 52 Khutbah Jum'at

1. Presiden Soekarno pada tahun 1950 an ternyata pernah dibohongi tukang becak dan seorang pelacur asal Tegal, yang mengaku sebagai Raja Idrus dan Ratu Markonah. Keduanya mengaku sebagai Raja dan Ratu Suku Anak Dalam dan bisa membantu pembebasan Irian Barat. Karena itu mereka diundang ke Istana dan disambut secara resmi. Belakangan ketahuan kisah mereka cuma isapan jempol. Soekarno jengkel betul atas kejadian ini.

2. Pada masa Orde Baru, wakil presiden Adam Malik pernah dibohongi Cut Zahara Pona, seorang perempuan asal Aceh yang mengaku bayi dalam kandungan bisa bicara dan mengaji. Wapres waktu itu yakin dan percaya dengan hal itu. Kejadian pada tahun 1980-an itu sempat heboh, namun menampar muka Adam Malik dan semua stafnya setelah kebohongan terungkap.

3. Cerita tentang Gus Dur, presiden ketiga RI yang berkuasa pada periode 1999-2001 lain lagi. Tukang pijatnya bernama Suwondo berhasil menipu Yayasan Dana Kesejahteraan Karyawan (Yanatera) Badan Urusan Logistik (Bulog) dan membobol uang yayasan itu hingga Rp 35 miliar. Kasus ini menjadi salah satu penyebab jatuhnya Gus Dur dari kursi Presiden saat itu.

4. Kita barangkali belum lupa bagaimana Menteri Agama Said Agil Al Munawar berhasil meyakinkan Presiden Megawati Bahwa di Istana Batu Tulis tersimpan banyak harta karun. Harta tersebut bisa untuk membayar utang negara. Atas restu Presiden, dilakukanlah penggalian besar-besaran di sekitar Istana Batu Tulis. Dan ternyata tidak ada apa-apa disana. Kasus ini jadi bahan tertawaan publik.

5. Presiden SBY juga pernah terpedaya seorang pria bernama Joko Suprapto asal Nganjuk, Jatim. Joko yang ini mengaku bisa mengubah air menjadi energi listrik. Dia menyebutnya sebagai terobosan teknologi bernama blue energy. Belakangan ketahuan hal ini cuma akal-akalan dia saja. SBY dipermalukan karena kasus ini.

 

Moral ceritanya bahwa presiden, maupun wakil presiden adalah manusia biasa. Begitu juga halnya dengan capres seperti Prabowo.

Mereka bisa saja ditipu, maupun dibohongi. Yang tidak boleh itu capres, apalagi presiden, berbohong. Presiden model begini secara moral tidak layak dipilih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *