oleh

Inilah Manusia Terbaik dan Terburuk di Muka Bumi

TribunAsia.com

Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu menceritakan :

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Ada dua orang Arab badui datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Salah satunya bertanya kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, ‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang terbaik?’ Rasulullah menjawab: “Yang panjang umurnya dan baik amalannya.” Kemudian yang satu lagi bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ajaran Islam terlampau banyak bagi kami, maka perintahkan kepada kami suatu perkara kebaikan yang dapat kami tekuni?’

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Usahakan agar lisanmu selalu basah dengan berdzikir kepada Allah ‘Azza Wajalla.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Muflih di dlm Al-Adab Asy-Syar’iyyah I/425, dan imam Ahmad dengan sanad yang shohih. Dan hadits ini dinyatakan SHOHIH oleh syaikh Al-Albani rahimahullah di dlm Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah IV/452)

Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu menceritakan :

أن رجلا قال : يا رسول الله أي الناس خير ؟ ‍ قال : من طال عمره وحسن عمله ، قال : فأي الناس شر ؟ ‍ قال : من طال عمره وساء عمله .

Artinya: “Ada seorang lelaki bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang terbaik?” Beliau jawab: “Orang yang panjang umurnya dan baik amalannya.” Ia bertanya lagi: “Lalu siapakah orang yang terburuk?” Beliau jawab: “Orang yang panjang umurnya dan buruk perbuatannya.” (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Al-Haitami di dlm

Az-Zawajir II/239. Dan dinyatakan SHOHIH Li Ghoirihi oleh syaikh Al-Albani rahimahullah di dlm Shohih At-Targhib wa At-Tarhib no.3363, Shohih At-Tirmidzi no.2330, dan Takhrij Misykatul Mashobih no.5215)

Oleh karena itu, marilah kita berupaya menjadi hamba Allah yang selalu bertakwa dan berdzikir kepada-Nya, dan tidak melewatkan sedikit pun sisa waktu dari umur kita di dunia tanpa meraih pahala dan ridho Allah meskipun hanya dengan ucapan istighfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil.

 

Oleh : Ustadz Muhammad Wasitho Lc MA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *