oleh

Seenaknya Langgar Kesepakatan Bersama, Bukti PT Lonsum Tidak Peduli Lingkungan

Bulukumba, TribunAsia.com – Kesepakatan Bersama yang pernah dibangun antara masyarakat adat, PT Lonsum, dan Pemda Bulukumba dengan gampangnya dilanggar oleh pihak PT Lonsum, dalam kesepakan yang dibangun pada 21 September lalu PT Lonsum bersepakat untuk menghentikan aktifitas pengolahan karet di lahan yang terdapat sumber mata air, mata air tersebut menjadi tempat bergantung bagi tiga desa yakni Desa Tamatto, Desa Bontomangiring, dan Masyarakat Adat Kajang.

Seiring berjalannya waktu ternyata PT Lonsum tetap melakukan pengolahan karet di daerah sumber mata air. Menanggapi hal tersebut Aliansi Gerakan Reformasi Agraria (AGRA) Bulukumba bersama masyarakat melakukan protes keras atas tindakan PT Lonsum yang dinilai sewenang-wenang melanggar kesepakatan.

banner 336x280

“Sebelumnya kita telah berdialog, dan sepakat untuk menghentikan eksplorasi karet di wilayah sumber mata air hingga tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba turun melakukan survey serapa air, namun faktanya PT Lonsum tetap melakukan eksplorasi karet di area sumber mata air” jelas Rudi Tahas, Koordinator AGRA Bulukumba, Jumat (28/9).

Lanjut Rudi Tahas, PT Lonsum sungguh bertindak arogan dengan tidak mematuhi surat himbauan Bupati Bulukumba.

“Pemda Bulukumba telah mengeluarkan surat himbauan kepada PT Lonsum agar menghentikan aktifitasnya di wilayah sumber mata air sampai selesainya survey serapan air yang dilakukan Dinas lHK Bulukumba, tapi ternyata PT Lonsum sama sekali tidak mengindahkan surat himbauan tersebut, ini adalah arogansi yang berlebihan” sambungnya.

Melihat tidak adanya itikad baik dari PT Lonsum, maka AGRA Bulukumba menuntut dengan keras agar PT Lonsum menghentikan seluruh aktifitas pengolahan dan peremajaan karet di wilayah sumber mata air hingga tim yang dibentuk Kemendagri turun melakukan pengukuran ulang HGU, hal ini dimaksudkan agar jelas batas antara area masyarakat dan PT Lonsum. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *