oleh

Bersiap, e-Tilang Bakal Diterapkan Diseluruh Kota Indonesia

Jakarta, TribunAsia.com – Polda Metro Jaya bakal melakukan uji coba tilang elektronik (e-tilang) pada awal Oktober nanti. Namun, ke depannya, sistem ini akan diberlakukan di sejumlah kota.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, maka sistem e-Tilang akan mudah diterapkan.

banner 336x280

Dia menambahkan, e-Tilang memiliki kelebihan daripada sistem manual. Di antaranya lebih cepat waktu penindakan, pelanggar tidak perlu hadir sidang di pengadilan negeri, data tilang terkoneksi dengan back office.

“Data sangat akurat. Soal efektivitas, keberadaan e-Tilang juga memiliki pengaruh yang sangat besar,” kata Refdi Andri.

Terpenting, kata Refdi, kontak antara petugas dan pelanggar berkurang. Sehingga bisa mengurangi pelanggaran dari petugas itu sendiri.

Mantan Wakapolda Sumatera Utara ini menerangkan, usai uji coba yang diberlakukan pada Oktober mendatang, pihaknya akan melakukan evaluasi.

”Awalnya DKI Jakarta dulu, kami uji coba di kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin sebagai target percontohan. Setelah itu, kami evaluasi dan memberikan edukasi, informasi serta sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *