oleh

Punya Garasi Dulu, Baru Beli Mobil !

TribunAsia.com 

Oleh : Tatak Ujiyati

Iklan 52 Khutbah Jum'at

 

Apakah kamu tahu? Ada Perda di Jakarta yang mengatur agar warga harus punya garasi dulu, sebelum beli mobil atau kendaraan bermotor lainnya. Yaitu Perda nomor 5 tahun 2014. Bagaimana menurutmu kalau Perda itu ditegakkan? Warga harus punya garasi dulu, baru beli mobil.

Soalnya mereka yang tak punya garasi itu mengganggu orang lain. Mereka parkir di jalanan, membuat jalanan jadi macet. Maka saya juga ingin ada Perda semacam ini di tempat tinggal saya di Tangerang, dan di kota-kota lain di Indonesia.

Nampaknya banyak dari kita yang belum sadar. Bahwa ketertiban, kebersihan, kenyamanan kota sebetulnya sangat tergantung pada KITA, Warga Kota. Tergantung apakah kita mentaati kesepakatan dan aturan yang ditetapkan atau tidak.

Jadi tata kota itu tak hanya tergantung pada kompetensi Pemerintahnya. Jauh lebih penting adalah tanggung jawab warganya untuk ikut bertanggung jawab. Maka saya maklum ketika kemarin ada teman PNS yang curhat. Mereka sudah berjibaku membersihkan sungai dan jalanan dari sampah. Eh tetap saja warga seenaknya membuang sampah di jalanan dan sungai.

Ingat nggak ada hadis yang mengatakan bahwa memindahkan batu dari jalanan adalah termasuk dari sedekah. Pahala. Maka apabila menyingkirkan batu atau duri dari jalanan saja adalah pahala, apalagi jika kita memindahkan mobil kita dari jalanan. Insyaallah pahalanya akan jauh lebih besar.

Yuk punya garasi dulu, baru beli mobil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *