oleh

Lestarikan Setu Rawa Badung Warga Jatinegara Peringati Kemerdekaan Adakan Lomba Mancing Ikan

Jakarta, TribunAsia.com ­- Untuk melestarikan Setu Rawa Badung, warga Jatinegara memilih mengadakan perlombaan mancing ikan lele sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI Ke-73 Tahun. Acara itu dilakukan pada hari Sabtu dan dimulai pada pukul 08.00-16.00 Wib terselenggara atas kerjasama warga bilangan Jalan Waru Doyong, Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Ketika dijumpai, Sudirman menyampaikan, lomba mancing yang diikuti oleh ratusan peserta bertempat di Setu Rawa Badung dikemas untuk memperingati hari kemerdekaan.

banner 336x280

Menurut anggota DPRD DKI Jakarta, untuk melestarikan lingkungan perlu kerja sama terhadap lapisan masyarakat dan memperkenalkan Setu Rawa Badung berpotensi untuk masyarakat sekitar. Dengan kesempatan itu, Ia mencoba merangkul warga dengan mengadakan lomba mancing bersama yang didominasi oleh kalangan usia dewasa.

“Peserta 123 orang dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI Ke-37) tahun. Kita bersama warga, remaja dan karang taruna,” kata politisi PKB saat berbincang-bincang dengan TribunAsia.com.

Bagi peserta lomba mancing tersebut, akan memperoleh hadiah berupa uang bilamana dapat memperoleh ikan lele terbesar. Diketahui, untuk para juara 1 dan terakhir juara 6 akan memperoleh uang senilai Rp 400 ribu hingga Rp 75 ribu.

“Peserta 123 orang lebih dalam rangka HUT RI ke 73 oleh warga dan remaja karang taruna. Juara 1- 6 dapat uang senilai Rp 400 ribu, 350 ribu, 300 ribu, 250 ribu, 150 ribu dan juara 6 dapat 75 ribu,” jelas Lazar ketua karang taruna bersama Sudirman.

Adapun biaya pendaftaran peserta lomba mancing, panitia memungut biaya sebesar Rp 50 ribu dan masing-masing peserta melengkapi diri dengan peralatan pancing secara mandiri.

“Kegiatan HUT RI kerjasama sahabat Sudirman ini semua peserta umum tarif Rp 50 ribu,” terang panitia.

Kemudian, Fauzan Muslim mengatakan disela-sela lomba mancing bersama warga sekitar dengan tujuan mempererat persatuan dan silaturahmi antar sesama. Yang lebih terpenting katanya, masyarakat lebih peduli terhadap Setu Rawa Badung yang berdekatan dengan pemukiman khususnya di kelurahan Jatinegara.

“Tujuan diadakan lomba di Setu Rawa Badung ini selain untuk silaturahmi antar sesama warga, juga untuk lebih peduli kepada Setu di Jatinegara khususnya di RW 08,” singkat Fauzan selaku ketua RW.

Selain itu, tokoh masyarakat dilingkungan Jatinegara menilai, tentang keberadaan Setu Rawa Badung akan bermanfaat bagi warga sekitar baik sarana olah raga maupun lahan usaha kuliner bila terjaga dengan baik sesuai dengan fungsinya.

“Yang pertama masalah keberadaan itu dan selain itu fungsi danau untuk lingkungan. Rencana kedepannya danau itu untuk jogging track dan kuliner,” papar Irianto.

Sambungnya, terkait dengan Setu Rawa Badung yang membelah Jalan utama KRT Radjiman, Jatinegara pernah dibicarakan oleh anggota Dewan kepada Walikota Jakarta Timur periode lalu, yang saat itu dijabat oleh Bambang Musyawardana.

“Dan salah salah satu (anggota) Dewan sempet ada pertemuan. Jadi, sempet suarakan itu salah satu pekerjaan rumah (PR) kedepan Dewan itu. Tapi, sudah disuarakan ke Dekot (Dewan kota),  Walikota pada saat itu Pak Bambang,” imbuh Irianto. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *