oleh

Luncurkan Pemutakhiran Aplikasi Info BMKG, Dukung Asian Games dan Masyarakat Peduli Bencana

Jakarta, TribunAsia.com – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan dukungan Asian Games ke-18, BMKG terus menerus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan informasi Cuaca – Iklim – Kegempaan. (17/8)

Kepala BMKG, Dr. Dwikorita Karnawati menerangkan Saat ini BMKG juga telah menjadi referensi bagi pemerintah dan masyarakat, mulai dari masyarakat umum  sampai pengambil kebijakan. Salah satu upaya BMKG adalah dengan meningkatkan layanan diseminasi informasi Cuaca – Iklim – Kegempaan berbasis mobile Apps  dan world wide web access terpadu dalam satu perangkat aplikasi cerdas @InfoBMKG.

Dwikorita menjelaskan Inovasi  yang dilakukan BMKG  bukan hanya terkait teknologi digital application programming interface saja, melainkan juga penambahan feature dan produk layanan informasi BMKG terbarukan diantaranya penambahan informasi : Produk cuaca event khusus (Asian Games 2018), Peta Iklim (Hari Tanpa Hujan, Prakiraan dan Analisis Hujan Bulanan), dan informasi Titik Panas (GeoHotspot) serta informasi cuaca dengan jangkauan daerah prakiraan cuaca dari skala kabupaten menjadi kecamatan, serta peningkatan waktu prakiraan dari 3 hari menjadi 7 hari ke depan dengan jangka waktu prakiraan setiap 3 jam dari sebelumnya setiap 6 jam.

‘Peluncuran aplikasi cerdas Info BMKG versi terbaru dilengkapi dengan informasi cuaca khusus secara realtime lokasi venue cabang olah raga yang akan berlaga, sebagai dukungan BMKG dalam penyelenggaraan event yang bertaraf internasional yaitu 18th ASIAN GAMES 2018,”ujar Dwikorita.

Diungkapkan, Produk prakiraan cuaca akan dikemas dalam format info grafis yang users friendly dan eye catching untuk berbagai cabang olah raga indoor dan outdoor pada ASIAN GAMES.

Dwikorita berharap dengan peluncuran aplikasi cerdas Info BMKG dapat menjawab kebutuhan masyarakat, stakeholder, dan pemerintah untuk kepentingan keselamatan infrastruktur dan transportasi darat, laut, udara, serta pengurangan resiko bencana dan dampak perubahan iklim.

 

Sumber informasi : Hubungan Masyarakat Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *