oleh

Seorang Jamaah Haji Tangsel Meninggal Dunia di Arab Saudi

Tangsel, TribunAsia.com – Innalilla hiwainna ilahirojiun, seorang calon jamaah haji Indonesia asal Tangerang Selatan, kloter 35 JKG nomor kamar hotel 216 atas nama Hamdani Fitri Bin Syarkowi (60) telah berpulang kerahmatullah (meninggal dunia) pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2018, pukul 11.35 waktu setempat di Arab Saudi. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Demikian informasi yang diterima oleh reporter TribunAsia.com dari Drs. H. Abdul Rojak, MA selaku Kepala Kemenag Tangsel pada Selasa (14/08/2018) pagi.

Menurut H. Abdul Rojak, secara hukum Islam almarhum belum melaksanakan haji, karena almarhum meninggal sebelum pelaksanaan ibadah haji seperti, wukuf di Arofah sebagai rukun haji dan puncak ibadah haji, Mabit di Mudzalifah dan melontar jumroh di Mina serta Thawaf Ifadah di Masjidil Harom, secara hukum Islam almarhum belum berhaji, tetapi pemerintah melalui Kementerian Agama RI akan membadalkan haji nya sehingga ia tetap disebut sebagai orang yang telah melaksanakan ibadah haji.

banner 336x280

“Badal haji disebut juga dalam fiqih Islam adalah alhajju ainil ghair, artinya menghajikan untuk orang lain. Badal haji diperbolehkan ketika orang yang akan melaksanakan haji mengalami ketidakmampuan secara fisik atau karena meninggal. Dalil dalam hadistnya adalah ada seorang wanita dari suku khas’yam bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang tuanya yangg sudah tua dan tidak ada kemapuan/alajzu untuk ibadah haji, boleh atau tidak ia menghajikan orang tuanya, lalu nabi menjawab boleh silahkan badal haji kan,” tutur H. Abdul Rojak.

Kepala Kemenag Tangsel yang murah senyum itu menambahkan bahwa, syarat orang yang akan membadal hajikan untuk orang lain  adalah dia sudah memenuhi syarat berhaji seperti beragama Islam, baliq, mukallaf dan yang paling utama syarat badal haji adalah orang yang akan membadalkan hajikan sudah melaksanakan ibadah haji, dan bagi yang belum melaksanakan ibadah haji tidak syah badal hajinya. (BTL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *