oleh

Peduli Budaya, Komunitas Mengaji Indonesia Aktif Kajian Nusantara

Jakarta, TribunAsia.com – Ada beragam cara yang dilakukan rakyat Indonesia dalam menjaga nilai budaya, ada yang bersekolah, ada yang baca buku untuk memperdalam wawasan Nusantara, ini merupakan cara umum, namun adapula yang menempuh cara unik, misalnya yang dilakukan Komunitas Mengaji Indonesia, komunitas ini aktif melakukan pengajian, tidak seperti pengajian pada umumnya, mereka menjadikan wawasan Nusantara sebagai bahan pengajian.

Pembina Komunitas Mengaji Indonesia, Samiyanto, kepada TribunAsia.com menuturkan bahwa komunitas ini dibentuk sebagai upaya kepedulian terhadap budaya Nusantara.

“Komunitas pengajian ini dibangun sebagai bagian dari melestarikan budaya nusanatara yang sudah menjadi tradisi negeri. Kedua, mengakomodir permintaan orang tua santri yang rindu nilai-nilai kebajikan untuk masa depan anak cucu” jelasnya, Senin (13/8).

Dirinya menambahkan upaya penanaman akhlaq Qurani merupakan alasan lain sehingga komunitas ini aktif berjalan.

“Ketiga, menanamkan nilai akhlaq Qurani, melestarikan budaya baca Quran setelah Magrib di tengah arus kesibukan ibukota yg sangat individualis matrialis. Keempat membangun karakter anak bangsa yg cerdas, bermoral berperadaban, berdasarkan Quran dan sunnah rasul. Kelima penanaman disiiplin sejak dini, upaya melahirkan generasi unggul bermartabat” ungkapnya

Sebagai tambahan informasi, Komunitas Mengaji Indonesia telah berjumlah 56 kelompok, di wilayah ibukota mereka lebih banyak tersebar di area Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *