oleh

Anggota DPR RI Usulkan KH.Ma’ruf Amin Mengundurkan Diri Sebagai Ketua MUI

Jakarta, TribunAsia.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid mengusulkan kepada Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru saja mendeklarasikan diri maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin mendampingi Calon Presiden (Capres) Joko Widodo.

Sebagai mitra kerja di DPR, Sodik tak ingin ulama besar yang dimuliakannya dan disandang oleh KH Ma’ruf Amin itu melanggar aturan yang ada. Dan sejatinya, KH Ma’ruf undur diri secara terhormat.

banner 336x280

“Almukarrom KH Ma’ruf Amien sebaiknya mundur dari posisi Ketua MUI,” kata Sodik saat dihubungi, Bandung, Ahad (12/8).

“Pasal 3 AD MUI dengan tegas mengatakan bahwa MUI adalah lembaga independen,sementara fasal 6 mengatakan bahwa MUI adalah penghubung ummat dengan umara dan penterjemah timbal balik kepentimgan ulama dan umara,” sambungnya.

Menurut Sodik, dengan posisi sebagai Cawapres, dari suatu kelompok koalisi partai yg akan berlomba dalam perlombaan pilpres, maka sudah tidak lagi berada pada posisi independen, atau setidaknya sulit utk bersikap independen dalam memimpin MUI.

Di lain pihak, lanjut Sodik, banyak masalah bangsa ke depan, dalam berbagai bidang kehidupan, yang perlu mendapat fatwa MUI, termasuk fatwa yang terkait dengan dinamika pilpres, seperti pernah terjadi lahirnya fatwa MUI dalam dinamika Pilgub DKI Jakarta sebelumnya.

Selain itu, menurut Sodik, pengunduran diri sebagai pimpinan MUI. Juga akan membebaskan KH Ma’ruf Amien, dari kesulitan dan tekanan psikologis pribadi, jika harus membuat fatwa fatwa yang berbeda atau independen dengan kebijakan pemerintah.

“Dengan kata lain,Langkah pengunduran diri dari ketua MUI,memberikan manfaat bagi MUI,Ummat,pemerintah,bangsa dan bagi pribadi KH Ma’ruf Amien sendiri,” pungkas Sodik yang dikenal mantan aktivis HMI-PII ini. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *