oleh

Sistem Online Bila Diterapkan Melalui Android Maka Dapat Mempersingkat Pelayanan di Kantor Kelurahan

Jakarta, TribunAsia.com – Sistem informatika mendatang akan diterapkan di berbagai bidang pelayanan. Perkembangan pesat dunia digital dapat mempersingkat proses pelayanan publik terutama menghindari penumpukan antrean. Melalui smartphone android masyarakat dapat berkunjung ke situs yang telah ditentukan secara online dan praktis.

Ketika ditemui, Lurah Jatinegara menyampaikan rencana kedepan diperkirakan teknologi digital akan mempercepat proses pelayanan terhadap masyarakat terkait kependudukan secara otomatis yang terintegrasi mulai dari lingkungan RT dan RW setempat.

banner 336x280

“Rencana kita mau pakai aplikasi android, minimal RT dan RW cepat mudah minimal surat pengantar untuk KTP, KK dan akte lahir masuk ke kelurahan sudah lengkap,” kata Lurah Jatinegara, Dona Andria kepada TribunAsia.com, Rabu (11/7).

Lalu, bila dikemudian hari diterapkan, maka masyarakat lebih mudah mengakses kebutuhan masing-masing dengan cara mendownload aplikasi yang akan ditentukan. Untuk itu, kata Dona melalui sistem online dapat menghemat pengeluaran biaya cetak poster sebagai sarana informasi yang kerap terpampang dihalaman kantor.

“Tinggal dipencet gampang itu efisien dan cepat. Minimal, standar persyaratan dia paham. Kalau kita tempel persyaratan dan cetak famplet atau poster gede itu,” imbuhnya dijalan Raya Bekasi, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Dona pun memaparkan, serta memberikan contoh sistem yang telah berjalan dibeberapa pelayanan umum seperti pintu masuk tol dan pusat perbelanjaan modern. Namun, apabila beberapa tahun mendatang di implementasikan dilingkungan kelurahan maka, pelayanan pembuatan kartu keluarga dapat lebih cepat diperoleh oleh warga.

“Contoh di tol dan diswalayan. Formulir print langsung jadi. Misal bikin KK anak, isteri validasi sekali datang sudah clear tanda tangan doang,” terang Dona dibilangan. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment