Modifikasi Jok Mobil, Pilih Pasang Sarung atau Retrim?

by
banner 728x90

tribunasia.com – Sebagian mobil di pasaran masih menggunakan jok bermaterial fabric. Biasanya, jok berbahan fabric memberi kesan kurang mewah bagi sebagian pemilik kendaraan. Selain itu, jok berbahan fabric juga lebih susah dibersihkan ketimbang kulit. Oleh karena itu, tak jarang pemilik kendaraan melakukan modifikasi pada jok agar terlihat lebih mewah dan nyaman. Modifikasi pada jok mobil biasanya dilakukan dalam dua cara, yaitu menggunakan sarung jok atau retrim (melapisi ulang) jok dengan bahan yang baru. Kendati demikian, lebih baik yang mana? Pasang Sarung pada jok, atau retrim jok mobil?

Kedua modifikasi jok tersebut biasanya menggunakan kulit sintesis sebagai material utamanya. Namun, pasang sarung dan retrim jok mobil masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah pembahasannya.

Pemasangan Sarung Jok

Kelebihan dari pemasangan sarung jok terdapat pada segi harga dan kemudahan pemasangan. Cara ini merupakan cara paling praktis karena dikerjakan tanpa perlu melepas fabric pada jok bawaan. Pembungkusan sarung jok biasanya tidak perlu membongkar total kabin mobil. Oleh karena itu, pemasangan sarung jok biasanya lebih murah dibanding dengan melapis ulang jok. Umumnya, pemasangan sarung jok dilakukan untuk melindungi jok asli agar tidak rusak dan kotor. Kekurangan dari pemasangan sarung jok adalah penampilan yang kurang rapih, menggelembung, dan mudah bergeser. Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara.

Retrim Jok (Melapis Ulang Jok)

Berbeda dengan penggunaan sarung mobil, melapisi ulang jok mobil tentunya memakan biaya yang lebih mahal. Selain itu, prosesnya juga lebih sulit dibanding hanya memasang sarung, karena retrim jok yaitu mengganti lapisan jok dengan lapisan baru. Namun, disamping itu, kelebihan dari retrim jok adalah bahan yang digunakan, dan bentuknya yang bisa menyesuaikan keinginan pemilik kendaraan. Pemilik kendaraan bisa menambah busa pada jok agar semakin nyaman. Selain itu, ketika pemilik melakukan retrim jok, lapisan fabric bawaan bisa diberikan kepada pemilik mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.