10 Referensi Makanan Khas di Negara Filipina ini Enak Gurih Tapi Ekstrim, Berani Coba?

by
banner 728x90

tribunasia.com – Siapa sih yang tidak suka dengan wisata kuliner? Hampir semua orang di dunia pasti suka menyantap beraneka macam makanan bercitarasa lezat.

Selain mencicipi kuliner tradisional Indonesia, mencoba makanan khas negara tetangga Filipina juga mungkin layak dijadikan sebagai agenda untuk mengisi waktu liburan.

Tak hanya menyimpan segudang objek wisata menarik, Filipina juga ternyata mempunyai beraneka ragam kuliner enak dan menggoda yang rasanya wajib buat dicoba.

Apa saja nama kuliner dari negara tetangga tersebut? Berikut ini ada 10 daftar makanan khas Filipina dimana salah satunya dipercaya dapat berfungsi sebagai obat kuat.

1. Balut

Buat Sahabat JejakPiknik yang gemar menyantap kuliner ekstrim, jangan sampai lewatkan untuk mencicipi makanan khas Filipina bernama Balut ini ya.

Balut adalah salah satu makanan berbahan dasar telur ayam atau bebek yang berisi embrio berumur 18 hingga 21 hari.

Telur yang direbus ini dipercaya oleh orang Filipina sebagai obat kuat. Hal tersebut dikarenakan makanannya mengandung protein cukup tinggi.

Untuk menikmati balut, terlebih dahulu bagian atas telur lalu langsung seruput cairan didalamnya kemudian gigit bagian kuning bersama embrionya. Berani mencobanya?

Nah, penjual Balut banyak ditemukan di sepanjang jajanan kaki lima Filipina dan biasanya para pedagang tersebut menjajakannya sambil berkeliling. Untuk satu butirnya, biasa dijual dengan harga 15 Peso atau Rp.115.000.

2. Pancit Palabok

Berkunjung ke Philipina, kurang lengkap rasanya bila kita tidak mencicipi kuliner bernama Pancit Palabok, salah satu makanan khas super lezat dari negara tetangga.

Pancit Palabok ini bahan utamanya terbuat dari mie beras yang dimasak menggunakan campuran udang, daging serta telur dan kemudian diolah menggunakan bumbu rempah.

Menurut sejarah, masakan tradisional menyerupai mie goreng tersebut adalah salah satu menu pokok yang wajib dibuat untuk sebuah perayaan spesial.

Dan salah satu tempat terbaik untuk mencicipinya adalah Leoning’s Pancit Palabok di jln.Shorthorn 47, Bahay Toro, Project 8, Kota Quezon, Luzon, Philipina. Soal harga, kuliner ini biasanya dibanderol kisaran 100 ribuan per porsinya.

3. Adobo

Selain Indonesia, negara tetangga kita Filipina juga ternyata memiliki kuliner ayam kecap yang sangat lezat dengan resep bumbu juga tidak kalah nikmat, namanya adalah Adobo.

Adobo banyak dicari oleh wisatawan karena memiliki citarasa sangat lezat dan merupakan salah satu contoh kuliner khas Filipina yang cukup populer. Sekilas dilihat dari foto atau gambar, mirip seperti semur ayam dari Indonesia.

Makanan satu ini dapat ditemukan hampir di seluruh rumah makan di Filipina dan biasanya harganya dibanderol sekitar Rp.35.000-Rp.200.000 per porsinya.

4. Bulalo

Kuliner khas Filipina selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah Bulalo. Menu satu ini wajib banget dicoba karena rasanya dijamin akan membuat kita ketagihan.

Bulalo adalah salah satu hidangan yang menjadi ciri khas Filipina dimana bahan utamanya terbuat dari daging serta aneka macam sayuran dan kaya akan bumbu. Namun, kuliner ini tidak dianjurkan bagi mereka penderita kolestrol tinggi.

Nah, bagi yang ingin menikmati masakan satu ini, tempat paling recommended buat dikunjungi yaitu R&J Bulalohan di 602 Boni Ave, Mandaluyong, Metro Manila, Filipina.

Di restoran yang buka 24 jam ini, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar 80 ribuan saja untuk bisa menikmati 1 porsi Bulalo.

5. Arroz Caldo

Makanan pembuka yang menyerupai bubur ayam ini dikenal dengan nama Arroz Caldo. Kuliner tersebut terkenal sangat lezat karena dicampur bumbu rempah khas Filipina.

Arroz Caldo adalah makanan halal yang biasanya disajikan bersama telur rebus setengah matang dan ditaburi daun bawang sebagai bahan pelengkap.

Dan satu tempat yang menyajikan arroz caldo paling top adalah Ferino’s Bibingka di Ayala Center Makati, Ground Floor, Cash&Carry Mall, Luzzon, Filipina. Selain enak, disini harganya juga cukup terjangkau.

6. Sisig

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang gemar menikmati kuliner berbahan dasar jeroan, maka Sisig khas Filipina ini adalah salah satu makanan paling wajib buat dicicipi.

Masakan yang terdiri dari daging, usus, hati serta ampela ini dimasak dengan bumbu khas kaya akan rempah. Kuliner tersebut biasanya paling enak dinikmati bila didampingi minuman seperti bir.

Bagi yang ingin mencicipinya, The Singing Cooks di Roxas Boulevard, Libertad, Pasay City, Metro Manila adalah tempatnya. Disini, harga sisig bisa dibilang dibanderol cukup murah.

7. Komaro

Nah, yang mengaku pecinta kuliner anti mainstream, Komaro adalah salah satu makanan khas Filipina paling tidak boleh dilewatkan.

Hidangan ringan tersebut bahan dasarnya terbuat dari jangkrik yang dimasak dan ditumis dengan menggunakan aneka rempah.

Kuliner ini bisa ditemukan di restoran The Singing Cooks di Roxas Boulevard, Libertad, Pasay City, Metro Manila dan untuk harganya bisa dikatakan cukup terjangkau.

8. Bicol Express

Bagi penyuka kuliner bercitarasa pedas, maka Bicol Express berbahan dasar daging babi, santan dan siling labuyo ini adalah makanan yang paling wajib untuk dicoba.

Bicol express ini merupakan salah satu makanan khas Filipina yang mudah ditemukan di restoran keluarga maupun cepat saji. Dan soal harganya, tak perlu khawatir masih sangat terjangkau.

9. Kare-Kare

Kuliner selanjutnya ini memilliki bumbu yang hampir mirip dengan kari khas Indonesia, bedanya kuah kare di Filipina lebih cair dan dilengkapi aneka macam sayuran segar.

Bila ingin menikmatinya, Camina Balay Nga Kawayan di Sibunag, Guimaras Island adalah tempatnya. Disini harga Kare-kare dan segala macam menunya hanya dibanderol sekitar 500 Peso atau setara 130 ribuan saja per porsinya.

10. Taba Ng Talangka

Dlihat dari tampilannya, Taba Ng Talangka berbahan dasar kepiting atau sejenis abon ini bentuknya mirip mi jawa tapi dengan bumbu berbeda dan biasanya disajikan bersama aneka sayuran.

Untuk mendapatkan kuliner ini, Everybody’s cafe di pusat kuliner Pampanga adalah tempat paling pas buat dikunjungi. Disini Taba Ng Talangka dijual dalam kemasan botol dan dibanderol dengan harga sangat terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.